5 Cara Merawat Rambut secara Alami


Perawatan rambut sehat dan berkilau menjadi dambaan bagi setiap orang, baik pria maupun wanita. Sebagian besar wanita ingin memiliki rambut yang sehat dan berkilau sehingga akan memberikan kepercayaan diri yang lebih dalam setiap penampilan. Bagaimana cara merawat rambut secara alami yang benar dan baik. Yuk perhatikan beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat rambut secara alami sehingga tidak rusak.

Minyak pohon teh (tea tree oil)
Tea tree oil adalah salah satu obat jerawat yang ampuh berkat kandungan antiseptiknya. Kandungan yang sama ternyata juga bermanfaat sebagai cara merawat rambut dan menebalkan rambut. Bahkan, sebuah studi di tahun 2013 menemukan hasil bahwa campuran dari tea tree oil dan minoxidil lebih efektif untuk meningkatkan pertumbuhan rambut daripada hanya menggunakan minoxidil saja. Cara pemakaian tea tree oil tak jauh berbeda dengan minyak lemon grass, yakni dengan mencampurkan sekitar 10 tetes tea tree oil ke dalam botol shampo atau kondisioner favorit Anda. Bisa juga dengan mencampurkan 3 tetes tea tree oil dengan 2 sendok makan minyak pelarut.

Lidah Buaya dan Alpukat
Cara merawat rambut secara alami agar sehat dan cepat panjang yang pertama adalah dengan menggunakan campuran lidah buaya dan alpukat. Dengan mencampurkan kedua bahan tersebut, kamu bisa memanfaatkannya sebagai masker untuk rambutmu. Caranya pun mudah sekali, cukup ambil daging lidah buaya dan hancurkan bersamaan dengan buah alpukat. Kemudian oleskan campuran tersebut ke rambutmu dan diamkan selama 15-30 menit. Setelahnya lakukan keramas seperti biasa. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan perawatan ini sebanyak 2-3 minggu sekali. Masker lidah buaya dan alpukat ini cocok sekali kamu gunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok.

Minyak peppermint
Sensasi dingin dari minyak peppermint dapat merangsang pertumbuhan rambut dan kekuatan setiap helainya. Minyak peppermint juga memiliki sifat antiseptik yang bisa membersihkan kulit kepala. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian terbitan Toxicological Research yang menemukan bahwa minyak peppermint meningkatkan jumlah folikel rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut tikus dalam empat minggu. Sebelum mengoleskan minyak peppermint ke rambut, campurkan dulu dengan sedikit minyak pelarut seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Kemudian pijat merata di kulit kepala secara perlahan, dan diamkan selama 5 menit. Bilas dengan air bersih dan lanjutkan dengan shampoo serta kondisioner.

Cuka Sari Apel dan Air Hangat
Apakah rambutmu sering terasa lepek walaupun baru saja keramas? Dua bahan ini bisa kamu gunakan sebagai cara merawat rambut secara alami dan membuatnya terlihat mengembang. Caranya cukup dengan mencampurkan cuka sari apel dengan air hangat pada perbandingan 1:1. Campuran dari dua bahan tersebut digunakan untuk keramas kemudian diamkan selama lima menit. Setelah selesai, bilas dengan air hingga bersih agar bau cuka hilang dari rambutmu. Sebagai catatan, karena aromanya yang sangat kuat, pastikan untuk membilas rambutmu hingga benar-benar bersih, ya. Karena kalau nggak, nanti bau cukanya akan terus menempel di rambutmu.

Minyak Almond
Rambut yang kering, kusam, dan mengembang, bisa membuat rambutmu menjadi mudah rapuh. Untuk itu kamu bisa menggunakan minyak almond sebagai cara merawat rambut kering dan mengembang. Cara penggunaannya pun cukup simple seperti ketika kamu menggunakan vitamin rambut. Yakni cukup tuangkan minyak almond ke dalam mangkuk atau panci lalu panaskan dengan api kecil selama kurang lebih 40 menit. Diamkan hingga tidak terlalu panas. Setelah hangat, aplikasikan minyaknya pada rambutmu secara merata. Diamkan selama 15-30 menit, baru kemudian bilas rambutmu hingga benar-benar bersih. Kalau seandainya terasa sulit dibersihkan, kamu bisa menggunakan sampo dan conditioner untuk membantumu membersihkan sisa minyak almond.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.