Cara Merawat Rambut Kering



Rambut yang sehat dan berkilau menjadi dambaan bagi setiap orang, khususnya wanita. Wanita ingin selalu tampil cantik. Salah satunya dengan memiliki rambut yang sehat dan berkilau karena dapat memberikan kepercayaan diri yang lebih dalam setiap penampilanya. Akhir-akhir ini, ada banyak penawaran dari salon kecantikan untuk perawatan rambut. Hal ini akan membuat sebagian wanita tertarik untuk mencobanya. Alih-alih ingin melakukan perawatan rambut, tapi hasil yang didapatkan  tidak sesuai dengan harapannya. Tidak sedikit dalam perawatan rambut di salon membuat rambut yang semula sehat dan berkilau menjadi kusam atau tidak terawat. Padahal kita sendiri bisa melakukannya di rumah dengan bahan-bahan alami. Bagaimana cara merawat rambut kering yang benar ya?

 

Stop! Jangan Gunakan Air yang terlalu Panas

Mandi air hangat memang cukup menyenangkan. Selain itu tentu saja mandi air hangat dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, air hangat atau air panas dapat menyebabkan kulit dan rambut menjadi kering. Bagi Anda yang memiliki rambut kering, Anda wajib menghindari mencuci dan membasuh rambut dengan air panas. Usahkan yang digunakan untuk membilas rambut adalah air yang hangat (tidak terlalu panas).
Menurut seorang pakar teknik kimia dan kecantikan dari Stanford University di Amerika Serikat, Erica Douglas, untuk hasil terbaik, Anda dapat keramas dengan memanfaatkan suhu air yang berbeda-beda. Maksudnya, basahi rambut yang kering dengan air hangat untuk membuka pori-pori dan kutikula. Kemudian, cuci rambut seperti biasa dengan sampo. Namun, untuk membilas sisa sampo di rambut, gunakan air dingin. Perpaduan ini baik untuk membersihkan rambut dari minyak dan kotoran sekaligus menjaga agar kulit kepala tetap sehat bernutrisi.

Gunakan masker alami yang terbuat dari alpukat matang
Cara mengatasi rambut kering bercabang  dan kusam lainnya bisa dengan memanfaatkan bahan alami yang terdiri atas, alpukat matang dan telur. Alpukat dikenal kaya vitamin dan mengandung sejumlah asam lemak esensial yang dapat membuat rambut terlihat makin berkilau. Alpukat merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan vitamin. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Tak hanya itu, alpukat mengandung tembaga, potassium, iron, magnesium, dan fosfor. Alpukat tak hanya lezat dimakan. Buah ini biasa digunakan bahan perawatan kulit, wajah, dan rambut karena kandungan nutrisinya yang kaya. Anda yang ingin menjaga keindahan mahkota juga bisa mengambil manfaat dari buah ini.
Menurut Stephen Sanna, seorang ahli mewarnai rambut dari New York mengatakan bahwa, campuran alpukat dan telur sangat efektif untuk mencegah kerusakan rambut karena banyak mengandung mineral dan vitamin. 

Jangan Menggunakan Sampo Setiap Hari

Sampo dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan kehilangan minyak alaminya. Menurut para ahli, rambut sebaiknya dikeramas maksimal tiga kali seminggu. Dengan keramas setiap hari akan merusak dan menghilangkan minyak pada rambut. Minyak alami pada rambut berfungsi sebagai kunci untuk membuat rambut tampak sehat dan bersinar. Jadi jika pingin punya rambut yang berkilau, jangan mencuci rambut setiap hari.


Lembabkan rambut dengan menggunakan minyak kelapa
Minyak kelapa bisa dimanfaatkan sebagai pelembab alami untuk rambut. Selain bermanfaat untuk melembabkan rambut, minyak ini juga bisa membantu menguatkan rambut dan mencegah ujung rambut jadi bercabang. Minyak kelapa mengandung lemak jenis asam laurat yang sebenarnya juga diproduksi oleh tubuh manusia. Beberapa penelitian mengungkapkan manfaat minyak kelapa ketika dioleskan di kulit, antara lain memperlambat pertumbuhan virus, bakteri dan jamur, serta bermanfaat sebagai antiradang.
Meski tidak dapat berfungsi sebagai penyubur rambut, namun peneliti menemukan manfaat asam laurat sebagai pelembab rambut ketika digunakan sebelum mencuci rambut. Utamakan minyak kelapa alami yang bebas bahan kimia untuk memperoleh rambut yang lembut, sehat, dan bercahaya.

Tips Merawat Rambut yang Cenderung Kering
1.   Kondisioner. Kalau rambutmu kering, maka kondisioner adalah produk yang wajib digunakan sehabis keramas.
2.  Hair mask. Rawat rambut dengan masker instan atau yang menggunakan bahan-bahan alami secara teratur, setidaknya seminggu sekali. Pilih yang mengandung pelembap ekstra seperti madu, yogurt, dan minyak zaitun.
3.    Hair wrap. Setelah keramas, bungkus rambut yang masih basah dengan handuk selama 1-2 jam. Setelah itu lepaskan handuk dan biarkan kering seperti biasa. Rambut akan terasa lebih lembut seketika.
4. Gunakan vitamin rambut. Sebutir minyak vitamin rambut setiap selesai keramas dan sebelum hair dryer bisa membantu melemaskan rambut kering dan kasar.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.