Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan

 
Anggur adalah tanaman yang mempunyai buah seperti kelereng yang memiliki rasa yang khas. Buah anggur biasanya mempunyai warna buah yang berwarna ungu atau hijau. Buah ini dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam aneka jenis minuman atau pun makanan misalnya jus, minyak dari biji anggur, minuman berkarbonasi, jeli, dan kismis. Buah ini bersifat merambat dan termasuk dalam keluarga Vitaecae.
Di balik manisnya rasa anggur matang, ternyata juga tersimpan banyak khasiat bagi kesehatan. Hal ini tidak lepas dari peranan senyawa seperti resveratol dan polifenol. Dalam senyawa tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh sebagai senyawa aktif yang membantu proses metabolisme dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain itu, senyawa metabolit sekunder  sebagai antioksidan atau formula penangkal radikal bebas. Anggur memperoleh keistimewaan sebagai buah yang mempunyai rasa manis yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Entah anggur yang berwarna ungu atau pun hijau, keduanya sama-sama memiliki kandungan yang baik jika dikonsumsi secara teratur.
Para ahli mengemukakan adanya golongan senyawa metabolit sekunder seperti flavonoid dan antosianin. Dua senyawa ini mampu membantu mengoptimalkan fungsi sel endoteilal untuk memperlancar peredaran darah dalam arteri. Dengan demikian risiko terserang penyakit jantung dapat berkurang. Buah anggur juga mempunyai senyawa flavonoid yang berperan sebagai antioksidan yang juga membantu meningkatkan produksi kolesterol baik atau HDL dan dapat menurunkan trigliserida atau penyusun minyak nabati dan hewani yang tersebar dalam aliran darah.
Menurut para pakar ahli setiap 100 gram buah anggur terdapat nilai kandungan gizi berupa:
Vitamin B12 0 mg (0%)
Vitamin C 10.8 mg (18%)
Vitamin K 22 mg (21%)
Vitamin B6 0.086 mg (7%)
Energi 288 kJ (69 kcal)
Karbohidrat 18.1 g
Thiamine (Vit. B1) 0.069 mg (5%)
Riboflavin (Vit. B2) 0.07 mg (5%)
Niacin (Vit. B3) 0.188 mg (1%)
Asam pantotenat (B5) 0.05 mg (1%)
Gula 15.48 g
Diet serat 0.9 g
Lemak 0.16 g
Protein 0.72 g
Folat (Vit. B9) 2 mg (1%)
Kalsium 10 mg (1%)
Besi 0.36 mg (3%)
Magnesium 7 mg (2%)
Mangan 0.071 mg (4%)
Fosfor 20 mg (3%)
Kalium 191 mg (4%)
Natrium 3.02 mg (0%)
Seng 0.07 mg (1%).

Berikut manfaat buah anggur yang perlu Anda ketahui.

1.  Buah anggur dapat mencegah kanker
Bebrapa senyawa dalam buah anggur yang bernama reservatol akan bertugas menghambat perkembangan tumor atau sel kanker dalam tubuh manusia. Senyawa tersebut dapat dimanfaatkan bagi wanita dalam hal pencegahan penyakit kanker payudara. Hal ini merupakan berita baik bagi Anda yang merupakan wanita untuk lebih teratur dalam mengonsumsi buah anggur ini.

2.  Buah anggur dapat menghilangkan kerutan pada wajah
Minyak biji anggur dapat menjadi solusi bagi Anda untuk menghilangkan kerutan pada wajah. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan minyak biji anggur di area wajah yang mulai berkerut sebelum tidur. Minyak biji anggur kaya akan antioksidan dan asam lemak esensial yang dapat membuat wajah Anda tampak awet muda dan tampak cerah.

3.  Buah anggur dipercaya dapat memutihkan gigi
Buah anggur yang sudah matang bisa dijadikan sebagai salah satu menu makanan bagi Anda yang ingin memutihkan gigi. Asam malat yang terkandung dalam buah anggur, secara alami akan menghapus noda pada gigi, serta mengatasi perubahan warna pada gigi. Jadi mulailah mengonsumsi buah anggur untuk mendapatkan gigi putih secara alami.

4.  Sebagai obat alami untuk mengobati sembelit
Sembelit atau istilah medisnya konstipasi. Penyakit ini merupakan kondisi dimana sistem pencernaan manusia tidak dapat mencerna unsur makanan yang mengandung serat berlebih atau memiliki partikel substansi yang sulit dihancurkan sehingga zat sisa yang semestinya dikeluarkan menjadi tidak ada. Dengan begitu ketika buang angin besar, Anda akan mengejan lebih keras dan susah untuk dikeluarkan. Anda harus meminum jus anggur ketika mengalami sembelit. Kandungan di dalamnya akan membantu pergerakan usus dalam mencerna makanan menjadi lebih stabil dan lancar. Dengan begitu pencernaan dalam tubuh akan menjadi lancar, dan sisa makanan tidak akan tertimbun lagi di dalam tubuh.

5.  Buah anggur dapat meringankan gejala migrain
Jika Anda tiba-tiba merasakan sakit kepala sebelah yang mencengkeram dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Jangan terburu-buru untuk minum obat karena anggur dapat membantu meredakan rasa sakit kepala sebelah. Anda dapat membuat jus anggur dengan sedikit air agar kandungan yang terserap tubuh cepat memberi reaksi dalam penyembuhan sakit kepala sebelah ini.

6.  Buah anggur dapat melembabkan wajah
Buah ini dipercaya dapat dimanfaatkan utnuk melembabkan wajah. Cara penggunaannya adalah iris buah anggur menjadi 2 bagian. Kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat melakukan perawatan ini dua kali sehari, pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

7. Buah anggur dapat mengurangi noda hitam pada wajah.
Anda dapat menggunakan masker anggur untuk wajah bisa untuk menghilangkan flek hitam atau bekas jerawat di wajah. Selain itu juga bisa membuat wajah menjadi lebih cerah dan lembab. Wajah Anda akan terbebas dari pengaruh bahan kimia berbahaya yang umumnya ada pada produk pembersih wajah di pasaran. Dengan menjadikan jus buah anggur sebagai masker wajah alami, Anda dapat mengatasi berbagai permasalahan seperti bintik hitam dan jerawat. Di samping itu antioksidan dalam anggur akan memperlambat proses penuaan dini.

8.  Mencegah Rambut Rontok
Para peneliti membenarkan khasiat tersebut melihat adanya kandungan antioksidan dalam anggur yang akan membantu melancarkan peredaran darah ke kulit kepala sehingga rambut jauh lebih kuat dan sehat. Para pakar atau ahli kecantikan telah menemukan sebuah vitamin yang terbuat dari bahan baku berupa ekstrak buah anggur. vitamin dalam buah ini dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut dan menjauhi dari segala risiko kerusakan seperti rambut rontok.
     Demikianlah manfaat buah anggur bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga Anda senantiasa menjaga kesehatan badan. Salam sehat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.