Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan

Khasiat Buah Apel - Buah apel memiliki nama latin pyrus malus dan termasuk dalam keluarga Rosaceae. Selain rasanya yang nikmat, manis dan menyegarkan bagi tubuh, ternyata buah apel juga kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Apel atau malus domestica adalah buah yang pada mulanya berasal dari Asia Tengah, namun seiring dengan perkembangannya buah apel saat ini sudah tersebar merata keseluruh dunia. Apel merupakan buah yang identik dengan warna kulit buah yang berwarna merah. 
Buah apel banyak digunakan sebagai sarana untuk pengobatan, diantaranya mengobati mengobati diare, susah buang air besar dan mengatasi kencing manis. Sementara itu, khasiat buah apel untuk kesehatan antara lain melancarkan sistem pencernaan, menangkal radikal bebas, mencegah kanker, menyehatkan gigi, hingga mencegah penyakit alzheimer. Sungguh buah yang mempunyai banyak manfaat jika dikonsumsi secara teratur. Buah yang kaya akan serat merupakan pilihan yang terbaik untuk kesehatan tubuh. Berikut data yang perlu Anda ketahui mengenai buah apel ini.
Dalam satu buah apel ukuran 100 gram mengandung:
Kalori (58 kalori)
Hidrat arang (14,9 gram)
Vitamin A (90 SI)
Vitamin B1 (0,04 mg)
Vitamin C (5 mg) dan Air (84 %).
Lemak (0,4 gram)
Protein (0,3 gram)
Kalsium (6 mg)
Fosfor (10 mg)
Zat Besi (0,3 mg)

Buah apel mempunyai berbagai macam khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Ini beberapa manfaat buah apel bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:
1.  Melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh
Jika Anda mengkonsumsi dua buah apel setiap hari dapat membantu mencegah penyakit pada sistem pencernaan, seperti konstipasi dan diare. Hal ini karena serat dalam apel membantu menyerap air dalam usus dan melancarkan sistem pencernaan.

2. Buah apel ternyata dapat mengobati diabetes
Hal tersebut dikarenakan, kulit apel memiliki kandungan senyawa fenolik. Untuk itulah sangat disarankan, Anda harus mencuci terlebih dahulu dengan air bersih yang mengalir, sebelum Anda memakan buah apel beserta kulitnya. Buah apel bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi diabetes atau kencing manis. Caranya adalah ambil satu buah apel yamg sudah masak ukuran sedang. Kemudian belah menjadi empat bagian dan direbus dengan air 3-4 gelas sampai mendidih hingga airnya tinggal 2 gelas. Saring airnya, kemudian diminum dua kali sehari setiap pagi dan sore secara teratur.

3. Buah apel kaya akan antioksidan
Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Sebuah penelitian yang pernah dilakukan menemukan bahwa quercetin mampu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang, terutama ketika Anda sedang depresi. Ini merupakan berita bagus bagi Anda yang terlalu banyak dengan rutinitas sehari-hari yang penuh dengan kesibukkan di luar ruangan.

4.  Mencegah risiko Alzheimer
Dalam sebuah penelitian terhadap hewan tikus menunjukkan bahwa mengonsumsi jus apel mampu mencegah penuaan dini pada otak. Tikus dalam penelitian yang mengonsumsi apel menunjukkan hasil tes yang lebih baik dalam hal kemampuan kognitif yang dimiliki.

5.  Dapat menjaga kesehatan gigi
Jika Anda menggigit dan mengunyah buah apel mampu merangsang produksi air liur dalam mulut. Hal ini akan mengurangi kemungkinan gigi keropos dan menurunkan tingkat bakteri dalam mulut. Mengkonsumsi secara rutin buah apel dapat merangsang produksi air liur pada mulut. Sehingga dapat mencegah terjadinya pengroposan pada gigi dan dapat tetap menjaga gigi Anda tetap sehat.

6. Mencegah penyakit mata katarak
Penelitian jangka panjang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi diet buah kaya antioksidan seperti apel memiliki risiko terkena katarak sekitar 15% lebih rendah dengan yang tidak mengonsumsinya. Dengan rutin mengkonsumsi buah apel setiap hari dapat berperan untuk mencegah datangnya berbagai gangguan kesehatan mata, salah satunya adalah katarak.

7.  Menurunkan risiko kanker
Senyawa triterpenoids pada buah apel diketahui mampu menghambat pertumbuhan sel kanker lever, usus besar, dan kanker payudara. Manfaat bauh apel salah satunya dapat untuk mencegah serangan kanker. Pada penelitian di sebuah universitas telah mengidentifikasi beberapa senyawa yang terdapat pada kulit apel .Hal ini dikarenakan, kandungan yang bernama flavonoid yang dapat bermanfaat untuk menangkal berbagai jenis serangan kanker yang sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh Anda.
 Demikianlah manfaat buah apel yang perlu Anda Ketahui. Semoga Anda selalu dalam keadaan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Salam sehat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.