Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Khasiat jahe bagi kesehatan - Jahe mempunyai nama latin zingiber officinale. Tanaman ini termasuk jenih tanaman-rempah rempah yang biasanya digunakan sebagai salah satu bahan masakan di dapur. Selain itu, jahe juga dikenal sebagai tanaman obat. Jahe sebagai salah satu tanaman obat yang berguna untuk menghangatkan tubuh. Jika pada musim hujan sangat cocok ontuk dijadikan sebagai bahan minuman, misalnya wedang jahe (minuman yang dibuat dari bahan dasar jahe). Berikut ini manfaat jahe bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1.  Jahe dapat melancarkan peredaran darah.
Tanaman yang mempunyai nama dalam bahasa inggris ginger dipercaya dapat melancarkan peredaran darah. Kandungan yang dalam tanaman tersebut ada yang mempunyai khasiat untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi terkena bahaya dari serangan stroke dan serangan jantung, karena jahe ini dapat mencegah tersumbatnya pembuluh darah. Penyumbatan darah merupakan salah satu faktor dari kedua penyakit tersebut. Jadi, lupakan untuk tidak suka dengan jahe.

2.  Jahe dipercaya sebagai obat anti alergi.
Campuran antara jahe dengan ekstrak biji anggur dapat digunakan untuk meredakan demam dan sebagai salah satu obat anti alergi, misalnya pada musim dingin.

3.  Jahe berkhasiat sebagai salah satu obat peradangan.
Jahe mempunyai senyawa yang bernama gingerol. Senyawa ini berguna sebagai anti inflamasi. Inflamasi adalah respon dari suatu organisme terhadap patogen, biasanya berupa rangkaian reaksi yang terjadi pada tempat jaringan yang mengalami cedera, misalnya kulit yang terbakar. Jadi sebagai obat anti inflamasi, jahe dapat meredakan rasa terbakar pada kulit tersebut. Biasanya obat yang mengandung gingerol ini sebagai salah satu obat yang berguna sebagai anti peradangan.

4.  Jahe dapat mengobati perut kembung.
Gejala perut kembung biasanya terjadi karena gangguan pada sistem pencernaan, sistem pernafasan, serta peredaran darah yang kurang normal. Peut kembung biasanya terjadi karena banyak mengonsumsi makanan yang dapat menimbulkan gas buang, misalnya kacang-kacangan. Makanan ini dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman di perut, karena menumpuknya gas pada lambung yang kemudian menyebabkan gejala masuk angin atau perut kembung. Hal tersebut dapat disiasati dengan mengonsumi jahe 1 sampai 2 ruas jari.

5. Jahe berkhasiat untuk menurunkan kolesterol
Jahe secara efektif dipercaya untuk mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah. Ada berbagai faktor penyebab atau pemicu timbulnya kolesterol, misalnya asupan makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan pola hidup yang kurang sehat. Biasanya setelah umur 20 tahun, kandungan kolesterol pada darah akan meningkat. Senyawa gingerol pada jahe mempunyai efek yang bersifat antikoagulen yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah.
Demikianlah manfaat jahe yang dapat saya jelaskan kepada Anda. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi kesehatan Anda. Selalu menjaga kesehatan akan jauh lebih baik daripada mengobatinya. Salam sehat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.