Cara Mengatasi Rambut Mengembang


Permasalahan rambut mengembang, kusam, dan bercabang merupakan beberapa kasus permasalahan rambut yang sering dihadapi wanita. Rambut mengembang layaknya rambut singa seringkali membuat jengkel para wanita. Rambut mengembang ini terjadi pada tipe rambut kering. Rambut mengembang biasanya sulit untuk ditata dan terlihat tidak rapi. Selain itu, rambut mengembang membutuhkan perawatan ekstra. Penyebab rambut singa biasanya terlalu sering menggunakan hair dryer atau catokan rambut. Selain itu, masalah rambut mengembang ini bisa juga terjadi karena tidak cocok menggunakan shampoo tertentu, polusi, stress, terlalu lama terkena sinar matahari, dan terlalu sering bergonta-ganti warna rambut.
Cara agar rambut tidak mengembang dapat anda lalukan di rumah dengan mengatur pola hidup sehat. Rambut yang sehat dan terawat tentu menjadi idaman semua orang, tidak hanya kaum wanita saja. Inilah salah satu alasan mengapa hampir semua orang akan mengupayakan berbagai perawatan terbaik untuk rambut mereka. Sangat penting untuk melakukan dan memberikan parawatan yang tepat pada rambut agar rambut tidak mengembang. Jika rambutmu sudah terlanjur menjadi rambut singa, kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini. Cara mengatasi rambut mengembang ternyata tidak harus ke salon untuk melakukannya, tetapi kamu bisa lakukan beberapa alternatif di rumah.

Gunakan Air Dingin Saat Keramas
Jangan keramas menggunakan air yang terlalu panas. Air panas bisa menyebabkan rambutmu semakin kering karena dapat menghilangkan nutrisi yang ada pada rambut. Akibatnya, rambutmu akan semakin mengembang. Solusinya, gunakan air dingin. Jangan lupa, saat keramas, pijatlah kulit kepala dengan lembut agar peredaran darah di kulit kepala semakin lancar. Selain itu, janganlah terlalu sering keramas keramas dapat menghilangkan minyak alami rambut. Keramas dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan atau kondisi rambut kamu, 2 kali seminggu sudah cukup untuk mereka yang memiliki rambut kering. Pastikan memilih jenis sampo yang sesuai dengan jenis rambut. Setelah keramas, jangan lupa untuk menggunakan conditioner yang diikuti oleh serum rambut.
Jikalau keramas setiap hari, bolehkah? Keramas rutin hampir setiap hari tetap diperbolehkan, tetapi hal ini hanya berlaku bagi Anda yang memiliki rambut berminyak atau dalam kondisi rambut kotor atau sehabis berkeringat.

Baca Juga:

Gunakan Masker Rambut
Cara merawat rambut mengembang selanjutnya adalah dengan sering memberi masker rambut. Anda dapat memilih beberapa jenis masker yang terbuat dari bahan alami dan aman diaplikasikan untuk rambut. Pertama adalah minyak kelapa. Anda bisa membeli Virgin Coconut Oil (VCO) di apotek untuk dioleskan pada rambut hingga merata sebelum dikeramasi hingga bersih. Minyak kelapa akan memberikan kelembaban rambut dan mengurangi rambut kering secara berkala. Selain itu, kamu dapat menggunakan buah alpokat atau minyak zaitun. Dua bahan ini dapat dicampur merata untuk memberikan efek rambut kilau, kekuatan akar rambut, dan mengembalikan kelembaban rambut. Masker tersebut dapat diaplikasikan langsung pada rambut dan dibiarkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air hingga bersih. Pilihlah masker rambut yang mengandung royal jelly, madu, atau berlabel anti-Frizz.

Jangan Ikat Rambut saat Tidur
Pada saat tidur saatnya rambutmu untuk bernapas. Selain itu, mengikat rambut akan membuat  rambut mengembang dan ikal saat kamu bangun tidur. Selain itu, ada baiknya untuk mengurangi penggunaan alat-alat elektronik untuk menata rambut seperti catokan, setrika rambut, atau hair dryer. Dan jika mengikat rambut saat bepergian, hindari mengikat rambut terlalu kencang agar rambutmu tetap sehat.

Cukupi Kebutuhan Vitamin B
Cara mengatasi rambut mengembang dengan menjaga asupan vitamin B. Vitamin B adalah salah satu unsur penting yang dibutuhkan oleh rambut agar rambut tetap kuat dan sehat. Vitamin B dapat diperoleh dari sumber makanan alami seperti telur, pisang, dan kacang-kacangan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.