Cara Mengatasi Rambut Rontok


Cara mengatasi rambut rontok berlebihan merupakan salah hal yang perlu diperhatikan dalam menangani masalah rambut. Rambut rontok atau atau alopesia adalah menurunnya jumlah rambut pada kulit kepala. Sebagian orang pernah mengalami masalah rambut rontok dan kering ini. Hal ini merupakan suatu hal yang normal untuk kehilangan 100 helai rambut per harinya. Namun, jika berlebihan, terkadang ada alasan medis yang menjadi penyebab kerontokkan. Menurut dokter ahli  penyakit kulit, kondisi ini dapat terjadi setelah tubuh Anda secara pribadi mengalami stres atau mengalami tekanan dari luar. Selain itu, rambut rontok berlebihan dapat terjadi pada pria dan wanita hingga pertumbuhan lambat juga bisa disebabkan oleh banyak faktor berikut:
Stres secara emosional
Stres fisik yang intensif, seperti melahirkan.
Adanya perubahan hormonal, seperti yang terjadi pada wanita hamil.
Diet sehingga mengubah pola makan.
Menderita penyakit jangka pendek, seperti infeksi berat atau selesai menjalani operasi.
Menderita penyakit jangka panjang, seperti kanker atau penyakit hati.
Sedang mengonsumsi obat-obatan jenis tertentu
Mengalami demam yang cukup tinggi.
Anemia (kekurangan darah).
Menjalani pengobatan tertentu, seperti kemoterapi atau radiasi.
Berhenti mengonsumsi pil KB.
Kurangnya asupan zat besi, zinc, dan protein dalam tubuh.
Kurang aktifnya kerja kelenjar tiroid.


Selain karena perubahan hormon, kerontokan rambut juga bisa terjadi akibat kondisi-kondisi tertentu, seperti:
Pengaruh gizi.
Asupan gizi yang buruk dapat menyebabkan helai rambut yang tumbuh menjadi lebih tipis dan rapuh.
Zat kimia.
Rambut yang terlalu sering menjalani proses kimia di salon juga lebih rentan mengalami kerontokan. Sering mewarnai rambut dan meluruskannya secara permanen membuat batang rambut menjadi lebih rentan patah.
Diabetes, sindrom Down, dan hipertiroidisme.
Ketiga kondisi ini bisa menyebabkan kerontokan yang disebut alopesia areata yang ditandai dengan pitak seukuran koin besar. Kerontokan ini biasanya terjadi pada remaja serta kalangan dewasa muda. Namun sebagian besar rambut penderitanya akan kembali tumbuh setelah satu tahun.
Efek samping obat-obatan.
Kerontokan rambut juga bisa disebabkan oleh obat-obatan yang biasa digunakan untuk menangani arthritis, depresi, gangguan jantung, serta tekanan darah tinggi.
Tekanan psikologis. Tekanan psikologis (misalnya stres) dapat mengakibatkan penderita mengalami penipisan rambut di kepala. Namun kerontokan seperti ini biasanya hanya bersifat sementara.
Penyakit kulit dan autoimun tertentu. Penyakit kulit yang menyebabkan terbentuknya tukak dan sejumlah penyakit autoimun bisa menyebabkan kerontokan permanen. Contoh-contoh kondisi tersebut di antaranya adalah lichen planus, sarkoidosis, dan lupus eritematosus diskoid (discoid lupus erythematosus/DLE).
Pengobatan Kanker.
Kemoterapi, imunoterapi, dan radioterapi dapat menyebabkan jenis kerontokan rambut yang disebut anagen efluvium (kerontokan menyeluruh). Kerontokan ini juga bisa berdampak pada kulit kepala, wajah, dan tubuh. Namun sebagian besar kasus ini tidak bersifat permanen. Rambut biasanya dapat tumbuh kembali setelah beberapa bulan berhenti menjalani kemoterapi.

Kita tahu bahwa mengatasi rambut rontok bisa sangat memusingkan, tapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rambut rontok berlebihan :

Tips Mengatasi Rambut Rontok

Gunakan Sisir rambut yang cocok dan tepat
Menyisir rambut bisa menjadi mimpi buruk saat Anda mengalami kerontokan rambut. Hal ini bisa dilakukan lebih mudah dengan menggunakan sisir yang tepat. Gunakan sisir kayu dengan gigi yang lebar untuk menguraikan rambut Anda dari kekusutan; setelah menggunakan sisir kayu di atas, Anda bisa menggunakan sisir biasa. Ini akan mengurangi kerusakan dan kerontokan rambut akibat menariknya. Hal yang juga penting untuk diingat agar tidak menyisir rambut Anda saat sedang basah. Rambut Anda paling rentan saat basah, yang meningkatkan kemungkinan terjadinya kerusakan. Anda juga harus rajin untuk membersihkan sisir dan sikat Anda setiap minggu. Anda bisa melakukan ini saat Anda sedang mandi atau keramas setiap minggu. Membersihkan sisir Anda adalah tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mengendalikan rambut.

Mengeringkan rambut menggunakan handuk dengan cara yang benar
Mengusap rambut Anda dengan handuk sepertinya merupakan cara tercepat untuk mengeringkannya, namun hal itu bisa juga merupakan hal terburuk yang Anda lakukan pada rambut Anda. Mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya keras-keras dengan handuk akan menyebabkan kerusakan pada rambut, membuatnya jadi kusut, dan mencabutnya dari kepala. Sebagai gantinya, bersihkan kelembaban dari rambut Anda secara lembut dan hati-hati dengan handuk dan biarkan rambut kering secara alami.

Pilih produk perawatan rambut anda dengan bijak
Cobalah untuk beralih ke shampo yang bebas dari kandungan sulfat, silikon, dan paraben untuk menghindari penimbunan bahan kimia yang keras pada kulit kepala dan rambut Anda yang bisa menyebabkan kerusakan, membuat rambut Anda rapuh dan lebih rentan terhadap kerusakan. Mengontrol kerusakan karena bahan kimia tentunya merupakan cara yang pasti untuk mengatasi rambut rontok parah.

Cuci rambut anda tiga kali seminggu
Cuci rambut Anda setidaknya tiga hari sekali dengan pembersih rambut atau shampo yang lembut untuk menghilangkan semua akumulasi debu, kotoran, minyak, dan bakteri yang ada. Jaga kebersihan rambut setiap saat untuk menghindari kerontokan rambut akibat folikel yang tersumbat. Perlu juga diperhatikan agar tidak mencuci rambut lebih dari tiga kali seminggu. Keramas yang berlebihan akan menghilangkan minyak alami yang penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat dari kulit kepala dan rambut Anda.

Mengonsumsi suplemen
Ada banyak suplemen untuk pertumbuhan rambut di pasaran yang dapat membantu untuk menebalkan rambut dan mengatasi rambut rontok. Bahkan, suplemen vitamin tertentu juga dapat membantu meningkatkan kesehatan dan volume rambut Anda. Namun, jangan mengkonsumsi suplemen apapun tanpa berkonsultasi dengan profesional kesehatan terlebih dahulu. Minoxidil (Rogaine) adalah salah satu obat yang paling efektif dan disetujui oleh FDA dari dokter di seluruh dunia karena mampu mengatasi rambut rontok dan bisa mengobati masalah rambut yang terkait alopesia.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.