Cara Menyuburkan Rambut Tipis dan Botak



           Cara menyuburkan rambut tipis dan sedikit atau rambut yang rontok memang menjadi masalah bagian sebagian besar orang. Masalah rambut memang bermacam-macam, yaitu masalah ketombe, rambut rontok, rambut kering, dan lain sebagainya. Masalah seperti ini dapat dialami oleh siapa saja, baik orang dalam usia muda maupun orang yang sudah tua, baik wanita ataupun pria. Cara menyuburkan rambut kebotakan pada zaman modern dan canggih seperti ini memang terbilang cukup mudah karena ada berbagai alat kesehatan yang dikhususkan untuk menangani masalah rambut. Namun, jika Anda ingin menyuburkan rambut dengan bahan alami dapat disimak dalam penjelasan berikut.
Sebelum membahas cara menyuburkan rambut, kita pahami dahulu hal-hal yang berkaitan dengan menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

Penuhi kebutuhan protein Anda
Komposisi utama rambut adalah protein. Sekitar 45 gram protein wajib dikonsumsi oleh seseorang setiap harinya. Hal tersebut untuk mendukung kesehatan rambutnya. Jika kekurangan protein, rambut akan menjadi rapuh dan kusam. Beberapa sumber protein yang dapat dijadikan pilihan adalah daging rendah lemak, daging unggas, ikan, kacang, telur, dan produk susu rendah lemak.

Penuhi kebutuhan vitamin B dan D
Selain penting untuk mengatur metabolisme tubuh dan menjaga sistem saraf pusat, vitamin B Kompleks juga bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Vitamin ini bisa didapatkan dari biji-bijian, kembang kol, wortel, sayuran berdaun hijau gelap, hati sapi, unggas, telur, kedelai, alpukat, dan kacang-kacangan. Selain itu, ada vitamin D. vitamin ini diklaim dapat mengaktifkan kembali folikel rambut yang tidak aktif meskipun tidak ada jaminan bahwa folikel selalu menghasilkan rambut. Vitamin D dapat didapatkan dengan mengonsumsi ikan salmon, jamur, biji-bijian, jus jeruk, dan susu rendah lemak yang diperkaya vitamin D.

Penuhi kebutuhan zinc
Mineral seperti zinc juga dibutuhkan untuk mencegah rambut rontok. Zat ini bisa didapatkan dari kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, dan dari air minum Jika perlu, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung zinc.

Konsumsi makanan yang mengandung omega-3
Asupan omega-3 yang cukup, baik untuk mendukung kesehatan folikel rambut dan merangsang kelenjar minyak. Walau tidak menyebabkan pertumbuhan rambut, omega-3 dipercaya mampu meningkatkan kesehatan kulit kepala. Sumber makanan yang mengandung omega-3 adalah ikan salmon, ikan sarden, yogurt, keju, salad, dan sereal.

Hindari pemakaian bahan kimia
Hindari bahan kimia dalam produk perawatan rambut. Cat rambut, bahan pengeriting, dan bahan pelurus rambut adalah berbagai jenis produk kosmetik rambut yang biasanya mengandung banyak bahan kimia. Jangan asal membeli tanpa mengetahui bahaya dari kandungan kimia di dalam produk tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mencuci rambut setelah berenang karena bahan klorin dalam air kolam bisa merusak rambut.

5 Tips Menyuburkan Rambut dengan Bahan Alami

Baca juga: 

Menyuburkan Rambut dengan Minyak Zaitun
Minyak kaya manfaat ini nggak hanya berperan penting dalam perawatan kulit, tapi juga rambut. Caranya, tuangkan lima tetes miyak zaitun di telapak tanga, lalu oleskan ke rambut hingga merata sambil dipijat-pijat selama 10 menit. Setelah itu diamkan selama kamu tidur malam. Keesokan paginya langsung bilas dengan air sampai bersih sebelum kamu keramas seperti baisa.

Menyuburkan Rambut dengan Bayam
Menggunakan bayam merupakan cara menyuburkan rambut dari dalam. Caranya, ambil satu ganggam daun bayam yang sudah dipisahkan dari batangnya, lalu campur dengan setengah cangkir air dan 1 sendok makan madu. Kemduian, peras dan saring airnya untuk diminum. Minum secara rutin 3 kali dalam sehari ya.

Menyuburkan Rambut dengan Santan Kelapa
Santan kelapa yang sebaiknya digunakan untuk membuat rambut subur adalah santan kelapa asli. Caranya, oleskan santan kelapa secukupnya hingga merata ke seluruh rambut. Kalau dirasa sudah meresap (sekitar 15 menit), bilas dengan air hingga bersih.

Menyuburkan Rambut dengan Lidah Buaya
Bahan yang satu ini hukan hal baru lagi dalam perawtaan rambut. Untuk menyburkan rambut, caranya ambil 1 daun lidah buaya berukuran besar, lalu belah jadi 2 bagian. Gunakan dagingnya yang berbentuk lendir sebagai masker rambut. Lakukan pemijatan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Menyuburkan Rambut dengan Seledri
Menyuburkan rambut dengan seledri bisa dilakukan dengan menumbuk halus 10 batang seledri yang sudah dibersihkan. Setelah itu, jadikan seledri tersebut sebagai masker rambut. Setelah kurang lebih 1 jam, bilas kepala dengan air hingga bersih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.