Cara Membuat Rambut Lurus Selamanya


Cara merawat rambut agar lurus memang menjadi pilihan bagi seseorang untuk menjaga penampilannya. Bahkan, ada sebagian orang yang rela untuk mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan perawatan rambut yang super bagus. Model rambut yang kian beragam membuat rambut rawan rusak dan rontok. Merawat rambut tidak harus di salon kok. Anda bisa melakukan perawatan rambut agar lurus sendiri di rumah dan tetap mendapat hasil secara maksimal. Tapi gimana caranya ya? Sangat mudah kok, berikut cara merawat rambut agar lurus, sehat, dan berkilau tanpa harus pergi ke salon.

1. Jangan Salah Pilih Sampo
Memilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda itu mudah. Biasanya kandungan atau jenis rambut yang ditujukan akan tertera pada kemasan sampo. Namun perlu Anda ketahui, bahwa ada beberapa kandungan sampo yang disarankan oleh beberapa ahli , seperti:
Rambut berminyak
Kandungan sulfat dapat menghilangkan kotoran dan minyak berlebih. Jika rambut berminyak tersebut menyebabkan ketombe, maka gunakan sampo antiketombe yang mengandung bahan seperti ketoconazole, zinc pyrithione, atau selenium sulfide.
Rambut yang halus dan terlihat tipis
Gunakan sampo yang memiliki kandungan protein gandum terhidrolisis dan PG-propyl silanetriol yang dapat meningkatkan ketebalan batang rambut sehingga rambut tidak lagi terlihat tipis.
Rambut yang sulit diatur (rambut keriting)
Pilihlah sampo yang sekaligus sebagai kondisioner. Kondisioner pembersih pada dasarnya adalah kondisioner dengan sedikit surfaktan ringan untuk membantu mengangkat kotoran. Ini menawarkan tingkat kelembaban yang tinggi dan dengan lembut menjaga kutikula tetap halus.
Rambut Kering
Sampo untuk rambut kering yang mengandung bahan seperti dimethicone, polquaternium, dan cyclomethicone juga memberikan kelembutan sehingga membuat rambut menjadi lebih sehat. Kandungan emolien pada sampo yang berasal dari minyak kelapa, minyak biji alpukat, dan minyak biji anggur juga mampu menutrisi kembali rambut yang dehidrasi.
Tips:
Hindari menggosokkan sampo terlalu keras pada rambut Anda. Sebaiknya memijatnya agar kandungan dari sampo meresap dengan baik pada rambut dan kulit kepala Anda.

2. Gunakan Masker Alami
Anda dapat membuat masker rambut dengan bahan-bahan alami. Bahannya pun termasuk mudah di dapat di pasar. Anda tinggal memilih entah itu masker alpukat, telur, santan, buah-buahan atau lidah buaya. Sebagai contoh lidah buaya yang berfungsi membuat rambut menjadi hitam alami dan menjaga kulit kepala dari ketombe. Anda dapat membaca cara membuat masker rambut dengan bahan alamidi rumah.

3.  Sisirlah rambut dengan benar
Tidak ada yang suka diperlakukan dengan kasar, termasuk rambutmu. Namun, kebanyakan wanita menyisir rambutnya dengan kasar, apalagi ketika rambutnya kusut dan berantakan. Sisirlah rambutmu dengan lembut agar tidak merusaknya. Termasuk saat mengeringkan rambut, jangan mengeringkannya dengan kasar Gunakan handuk yang dapat menyerap air dengan baik. Selain itu, kurangi kebiasaan menyisir rambut terlalu sering. Hal tersebut akan membuat rambutmu rusak karena terus-menerus menarik rambut hingga ke akarnya. Sisirlah rambutmu secukupnya saja. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.